Bahasan ini ditujukan terutama bagi sahabat yang menggunakan HP non Blackberry dan iPhone. Untuk Blackberry dan iPhone sudah ada aplikasi Facebook yang memiliki fitur upload foto langsung. Bagi sahabat yang menggunakan HP lainnya bisa menyiasatinya dengan menggunakan aplikasi yang bernama ShoZu. Lebih lanjutnya silakan sahabat ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Sign Up melalui ShoZu
  • Pilih Merk Handphone sahabat pada menu Dropdown dan pilih Model Handphone seperti pada Gambar 1 dan selanjutnya tekan Continue ..
  • Isikan Username, Password, Konfirmasi Password dan Alamat Email sahabat, lihat Gambar 2.
  • Check list Apakah upload akan di copy ke email atau tidak, Check list juga Sex about you Male or Female, isikan tahun kelahiran sahabat dan Check list juga User agreement seperti Gambar 3 lalu klik Continue ..
  • Isi Nama Negara dan Nomor Handphone sahabat lalu klik Continue .., lihat Gambar 4.
  • Selanjutnya handphone sahabat akan menerima SMS mengenai direct link untuk download langsung dari Handphone sahabat tersebut di “http://www.shozu.com/portal/j/5c84652/316006/javse40.jad”
  • Download Aplikasi dan Install di HP sahabat, lihat Gambar 5.
  • Setting Destination Sites melalui web ShoZu-nya.
    Langkah ini untuk memilih situs-situs dan juga meRegister account yang sahabat miliki di situs tersebut. Selain Facebook sebenarnya masih banyak situs lainnya yang bisa sahabat tambahkan, seperti Picasa, Flickr, Multiply dll. Bisa juga diset sekali upload langsung ke semua account sahabat di situs-situs tersebut. Untuk setting Facebook akan ada link untuk allow aplikasi ShoZu di FB sahabat.
  • Terahir, Aktivasi di HP sahabat, lihat Gambar 6.

Setelah melakukan langkah-lankah di atas maka sahabat bisa mulai langsung upload-upload😀. Pada aplikasi Blackberry atau iPhone, foto dikenali sebagai Mobile Photo dan secara default akan masuk ke dalam folder “Mobile Uploads”.  Sementara pada aplikasi ini akan dianggap sebagai upload biasa dan foto tersimpan pada folder “ShoZu Photos”.

Atau bisa juga dengan :

Aplikasi yang akan dibahas adalah WidSets. Postingan ini akan saya lengkapi dengan sedikit screenshot agar tidak dibajak lagi..

Aplikasi ini pada dasarnya mirip dengan widget yang ada di desktop atau di web. Jadi bisa ditambahkan widget-widget yang sahabat inginkan. Ada yang dibuat oleh WidSets-nya, ada juga yang dibuat oleh 3rd party. Bahkan sahabatpun bisa membuat sendiri (Misalnya untuk membaca feed rss suatu blog). Ada banyak sekali widget-widget yang tersedia di sana, sayangnya saya belum explore lebih lanjut.

Untuk menginstall WidSets:

  • Buka WidSets.
  • Klik button “Get Started”.
  • Pilih beberapa widget sebagai awalnya.
    Pilih defaultnya saja, nanti masih bisa ditambahkan setelah diinstall.
  • Klik button New Users : “Download the client and picked widgets”.
  • Ikuti langkah-langkahnya :
    1. Register.
    2. Download.
    3. Install.
    4. Launch.
    5. Done.
  • Instalasi selesai dan siap untuk digunakan.

Tampilan WidSets yang telah diinstall di HP seperti pada Gambar 1 (Mungkin bisa berbeda tergantung type HP sahabat). Untuk bagian menunya agak aneh karena peletakannya berupa kotak-kotak yang disusun horizontal, jadi harus scroll ke samping.

Sementara tampilan widget Facebook seperti screenshot Gambar 2 dan 3.
Cara upload snapshot, klik menu di pojok kiri bawah layar HP. Pilih “Upload Picture”. Akan muncul layar untuk mengambil foto. Aplikasi ini hanya bisa mengupload snapshot, tidak dapat memilih foto dari HP.

Jika dibandingkan dengan ShoZu, aplikasi Facebook dalam WidSets ini menurut saya lebih enak untuk digunakan. Sayangnya hanya bisa untuk mengupload snapshot, tidak bisa memilih foto yang tersimpan di HP. Foto yang diupload juga ukurannya menjadi lebih kecil dan kualitasnya berkurang dibanding kamera HP yang digunakan. Kelebihannya ada pada proses upload foto yang terasa sangat cepat. Selain itu, foto sahabat dikenali sebagai Mobile Photo dan masuk ke dalam folder “Mobile Uploads” seperti halnya pada aplikasi untuk BB dan iPhone.

widsets_getstarted
Gambar 1
Gambar 2
Gambar 2Gambar 3
Gambar 3
Gambar 3